10 Fakta Internet


1. 1,3 miliar orang mengirim email. email menjadi layanan yang pling banyak digunakan di internet setelah Word Wide Web. Menurut hasil Studi Radicati Group, pada Agustus 2008 lalu terdapat 1,4 miliar email account dan 1,3 miliar pengguna di seluruh dunia.

2. Sandi morse untuk simbol @ muncul sejak tahun 2004. Kode ini berbunyi .–.-. yang merupakan kombinasi dari huruf a, kemudian diikuti oleh sebuah c tanpa pause. Pada prakteknya sandi @ memang sulit. Untuk huruf ,,at”, oang menggunaka sandi .– dan ini lebih singkat.

3. Spam Email Pertama
Email spam dalam jumlah besar pertama kali di kirim pada mei 1978 oleh Gary Thuerk, penjual komputer di toko komputer AS, Digital Equipment Corporation. Dari sebuah daftar email yang telah di cetak, Thuerk mencari pengguna Arpanet (cikal bakal Internet), yang tinggal di pantai barat Amerika Serikat dan kemudian mengirim iklan penawaran komputer baru ke sekitar 600 orang.

4. Email di Tempat Tidur
Dala sebuah studu AOL menyimpulkan pola penggunaan Email orang Amerika. 67% responden membuka email selagi di empat tidur atau setelah berada di tempat tidur dengan memakai piyama (baju tidur).

5. Penemu Email
Pada awal 1960an, Ray Samuel Tomlinson mengembangkan sebuah file transfer protocol (CPYNET) yang dapat mengirim file antara dua komputer. Para ahli komputer kemudian mengembangka protokol ini agar dapat mengirimkan berita. Namun, Tomlinson tidak ingat lagi apa yang ada dalam Email pertamanya.

6. Pos Elektronik Berkekuatan Hukum
Mulai 2010, Email dapat digunakan untuk mengirim dokumen yang memiliki kekuatan hukum antara warga negara dan pejabat negara. Email dari instansi pemerintah ini di enkripsi, tetapi masih dapat dibaca leh pemerinta.

7. Email Presiden
Email resmi presiden AS, president@whitehouse.gov dibuat pertama kali pada 1993. Selama 8 tahu kepemimpinannya Bill Clinton hanya menulis dua email. Pertama sebuah test email dan kedua untuk astronot John Glenn yang sedang mengorbit.

8. Laki-laki, Perempuan, atau Netral
Dalam kaidah tatabahasa, jenis kelamin kata “e-mail” ternyata tidak seragam untuk beberapa negara. Di Jerman kata e-mail mendapat jenis kelamin perempuan, sedangkan di Swiss berjenis kelamin netral. Meskipun dalam pengucapanya tetap sama.

9. Attachment Membuat Email Membengkak
Attachment email membuat ukuran aslinya bertambah besar sepertiganya. Penyebabnya email di format dengan karakter set, sebesar 7 bit sedangkan gambar atau dokumen teks dengan data biner 8 bit. Saat di konversi ke dalam format Base64, ruang yang dibutuhkan bertambah 36 persen.

10. Tertawalah🙂
Emoticons yang sering digunakan di email ini ternyata sudah digunakan sejak 12 April 1979. Kevon McKenzie, anggota sebuah diskusi mail, mengusulkan untuk menambahkan simbol-simbol yang mengungkapkan emosi agar komunikasi tidak membosankan.

(Dara Website)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s