Sharing Internet 2 Laptop 1 Modem


Assalamualaikum Wr. Wb.

Haloo kawann semua, .Untuk kedua kalinya saya memposting tentang tutorial Jaringan LAN, yaitu  bagaimana cara Sharing internet 2 PC atau Laptop dengan menggunakan cuma dengan 1 modem. .langsung aja nie tutorialnya, .cekidoot. .😀

Bahan : (kalau saya sendiri) 1 notebook acer aspire 4732z dan 1 netbook smart (didalemnya dah ada modemnya, ,jd gak perlu beli modem lagi) di jadikan servernya (koneksi internetnya), klo kalian terserah mau pake kom or laptop apa yang penting ada modem nya, ,kabel LAN (straigth n cross kaianya bisa dua2 nya dehh🙂 ),. Jika ada yang belum tahu tentang kabel LAN, ,coba baca postingan tentang LAN yang lalu , kalau gak klik ini ! .

Langsung ikutin cara2nya iia kawan. .

1. Tancapkan kabel LAN dengan kedua laptop tersebut, . Lalu buka Network Conection pada kedua Laptop, .klo ada yang belum tahu, buka Control Panel => Network Connections.

2. Setelah muncul jendela Network Connections , klik kanan pada wireless network connections, disable ! . Untuk yang local area connectionnya klik kanan lalu enable ! Lakukan pada kedua Laptop .

3. Nah sekarang saatnya bermain2 di IP , ckckck. .haha lebay. .

Pada netbook smart ,  (Laptop / Komp yang dijadikan server internetnya) ,masih di jendela Network Connections , klik kanan pada dial up modem internet connection, lalu propertis.

truzz menuju pada tab paling belakang yaitu advanced dan kalian centang semua ,

lalu di bawah nya ada tombol settings lalu kalian klik dan muncul jendela lagi. ,kalian centang juga semua nya.

Setelah tu OK , dan OK lagi otomatis kluar peringatan. .gak tau apa artinya cz bahasa inggris, ,tapi disitu ada tulisan IP nya, ,(gambar yang ditandain) Nah itu di catet or di inget2. .

4. Pada Local Area Connections (yang tadi di Enable kan, masih di laptop server internet) atur IP nya seperti IP tadi di gambar. Kalo gak tau cara setting IP , Klik kanan Local Area Connection => Propertis => Klik 2 kali pada Internet Protocol (TCP/IP). Truz ketik subnet mask nya jadi 255.255.255.0 , jadi yang diisi cuma IP Addresnya sama Subnet Mask nya aja, ,yang lainnya kosongin aja. truz OK. .

5. Nah sekarang bermain IP pada komputer kedua atau yang lain . Caranya sama seperti di no 4, ,cma IP n dll nya yang diubah, ,contoh jika punya saya IP nya 192.168.0.6 , Subnet Mask nya samain di Laptop server tadi ,. Nah pada default Gateway n preferred DNS Servernya kita isi IP yang punya nya Laptop server tadi. . Lalu OK. .OK lagi. .

6. emm apalagi iia??gak ada lagi tuh. .alias udah selesai tutorialnya n kita bisa internetan 2 PC dengan 1 modem sahaja. .horee. .😀

Cukup sekian tutorial saya, ,semoga bermanfaat, ,amien. .

Assalamualaikum Wr.Wb.

11 thoughts on “Sharing Internet 2 Laptop 1 Modem

  1. thanks akhi atas artikelnya, sangat membantu, maklum baru belajar tapi alhamdulillah berhasil ngeLAN 2 laptop 1 modem. siip. Kirimin tipsnya yang lain via e-mail ya kalau bisa…. Assalamu’alaikum WrWb.

    • masama ..
      tes koneksi nya , lewat cmd (menu start -> run – > ketik cmd -> enter)
      lalu di ketik ping spasi IP server . contoh : ping 192.168.1.1
      terimakasii atas kunjungannya ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s