Belajar di Terminal


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hmm , Alhamdulillah . Minggu-minggu menjelang hari ‘Ied Al-Fithri , suasana disekitar makin cerah aja ,. dari kecerahan puasa lancar alias gak bolong-bolong , kecerahan menjalani kegiatan-kegiatan di kampus or di kantor ,. hehehe . Bukan hanya itu kecerahan yang gua alami , termasuk kecerahan theme baru setiyadiagung.wordpress.com . Lagi sahur , muter-muter di dasbor sekalian cari theme yang cerah , putih , simple n fresh . iiaah dapetlah yang ini ., cuma tinggal buat headernya aja . hehe .

Untuk postingan baru kali ini , gua memposting tentang Linux (lagi asik obrak-abrik OS yang baru gua install , yaitu Linux Mint 9 Isadora) . Karna klo pake linux itu , pasti aktivitasnya gak jauh-jauh dari terminal , jd nie gua kasih sedikit tutorial tentang shortcut meng operasikan terminal ,. Langsung aja simak tutorial gua !

Sekelumit tentang GNOME terminal (basic sekali) , mungkin gua pikir kita semua sudah pada tahu , tapi nggak ada salahnya dicoba (Soalnya gua baru tahu kemarin karena coba-coba He..he..he). Berikut ini merupakan shortcut pada GNOME terminal:
Ctrl+Z = menghentikan proses
Ctrl+C = membatalkan proses dan memunculkan prompt baru
Ctrl+P = history (hampir sama dengan arah keatas)
Ctrl+O = hampir sama dengan Ctrl+P
Ctrl+R = mencari perintah terdahulu (history) dengan input user
Ctrl+D = Keluar (Logout)
Dari shortcut di atas gua coba pada Fedora 8, jadi saya masih belum yakin apakah sama dengan distro lain (Kecuali untuk Ctrl+D,Ctrl+C dan Ctrl+Z saya yakin pasti sama). Pada beberapa distro khusus yang gua coba seperti systemrescuecd, bila user menginputkan karakter lalu menekan Ctrl+D, maka terminal akan memperlihatkan daftar command yang berinisial karakter tersebut.
Demikian dari gua, jika ada kesalahan mohon dikoreksi. Terima kasih

Leave a Reply

